KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KROBOKAN



Pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas adalah layanan seputar kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, pembersihan, pengobatan, hingga tindakan medis lebih lanjut.

Puskesmas Krobokan Terletak di Jl. Aribuana No.1, Krobokan, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50149.  terdapat jenis-jenis pelayanan didalamnya, seperti pelayanan gigi dan mulut.
Tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di UPT Puskesmas Krobokan terdiri dari 2 orang dokter gigi dan 1 orang perawat gigi yang semuanya telah memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta pemberian tindakan medis dasar gigi.
  
Jenis layanan di Puskesmas Krobokan yang memberikan pelayanan dalam gedung berupa 
1.    Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut
2.    Pengobatan dan pemberian tindakan medis dasar kesehatan gigi dan mulut seperti penambalan  
       gigi,pencabutan gigi dan pembersihan karang gigi. 
3.    Penyuluhan atau edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian 
       dari menjaga kesehatan pribadi. 

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, maka dilakukan kegiatan di luar gedung seperti:
1.    Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut siswa sekolah (TK,SD,SMP,SMA) 
2.    Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut untuk warga dan masyarakat Penjaringan Kesehatan berupa         pemeriksaan Gigi dan Mulut siswa sekolah (TK,SD,SMP,SMA) 
3.    Pembinaan dan Bimbingan Sikat Gigi Bersama siswa SD / MI 
4.    Pelatihan Dokter Gigi Kecil 

Sarana dan Prasarana Ruang Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UPT Puskesmas Krobokan memiliki sarana yang cukup lengkap dalam menunjang pemberian pelayanan kesehatan gigi dan mulut dasar dan spesialistik tingkat pertama, antara lain: 
1.    1 dental unit 
2.    Light Cure Composite 
3.    Ultrasonic Scaler
4.    Alat pemeriksaan kesehatan dasar yang lengkap dengan jumlah yang cukup
5.    Sterilisator Alat Peralatan untuk mendukung tindakan pencabutan gigi 
Dalam menjalankan fungsinya Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UPT Puskesmas Krobokan  bekerjasama dengan seluruh unit pelayanan kesehatan lainnya yang terdapat di UPT Puskesmas Bareng, seperti Pelayanan Pemeriksaan Umum , Pelayanan KIA, Pelayanan Gizi, Pelayanan Kefarmasian / Obat, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Promosi Kesehatan dll.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar